Hambali

Di kalangan Organisasi Non Pemerintah, Hambali dikenal salah satu senior yang masih eksis dengan gagasan-gagasan inovatif dalam kegiatan pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat . Sosok yang lahir 58 tahun lalu di Perbaungan, Sumatera Utara sejak tahun 1986 sampai sekarang tetap konsisten memilih profesinya sebagai “guru transformasi sosial”. Mulai kerja NGO sebagai Volunteer 1986, kemudian menjadi Koordinator Program ( 1987-1988), Assisten Direktur Program PKBI Sumatera Utara ( 1989 – 1996), dan Direktur PKBI Jambi tahun 1996 – 2007.

Semangat kemandirian dan inovasinya, tahun 2007 memutuskan diri untuk mengundurkan diri sebagai Direktur PKBI Jambi dan kemudian mendirikan lembaga sendiri yang diberi nama Yayasan Mitra Aksi Jambi yang dikelolanya menjadi salah satu NGO lokal terbesar di Indonesia. Selain menjadi Ketua Badan Pengurusa Yayasan Mitra Aksi ( 2012 – sekarang), Hambali juga menjadi pendiri dari beberapa NGO di Jambi, seperti KKI-WARSI, Pundi Sumatera, Beranda Perempuan dan Seloko Institute. Didikasinya terhadap pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat, menghantarkan Hambali memperoleh ASHOKA Fellowship pada tahun 2007.

Dalam jaringan INSIST, sejak tahun 2006 sampai sekarang Hambali juga berperan aktif sebagai anggota Dewan Pendidikan. Konsultan REMDEC dan Konsultan Susdec LPTP Solo ( 2006 – sekarang). Dalam konteks pengampu kebijakan di tingkat Provinsi, posisi strategis yang pernah dijalani sebagai Ketua Tim Ahli Badan Legislasi DPRD Jambi (2013), Ketua Badan Pengarah Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jambi ( 2012 s/d sekarang). Dewan Pengarah Sekretariat Bersama Pengelolaan Sumberdaya Hutan Jambi. Dalam lingkup nasional, Hambali juga menjadi pendiri dan pengurus Yayasan Pendidikan Kesehatan Perempuan (YPKP). Kerja-kerja professional sebagai Konsultan telah dijalaninya sejak tahun 2000 dengan berbagai lembaga di tingkat Nasional dan Internasional. Lembaga Pemerintah seperti UKP4, Badan Restorasi Gambut (BRG), Kementrian Desa, BNPB, dll.

Posted in .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *